Ini Dia Tips Berburu Diskon Agar Kantong Nggak Bolong

Siapa sih yang nggak mau punya barang bagus dan bermerek dengan harga miring? Pastinya hampir semua orang senang berbelanja, malah ada beberapa kalangan yang menyebut aktifitas ini sebagai hobi lho. Keinginan untuk berbelanja barang tersebut bisa timbul karena melihat angka potongan harga yang cukup besar, sehingga dari sanalah timbul pembelanjaan yang implusif. Penyesalanpun datang belakangan, kenapa bisa membeli ini-itu yang ternyata produknya nggak bermanfaat? Dan akhirnya produk tersebut nggak terpakai. 

Belanja boleh-boleh saja kok guys, tapi ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan agar nggak menyesal di kemudian harinya. Yuk simak beberapa tips berikut ini: 

1. Lihat Kondisi Keuangan 

Jika suatu pusat perbelanjaan mengadakan diskon besar-besaran, pastikan keuangan kalian cukup untuk membeli produk yang diinginkan. Jika barang tersebut penting dan diperlukan, tapi kondisi keuangan kalian belum memungkinkan, cobalah gunakan opsi lain. Seperti kartu kredit atau pinjaman dana. Eits! Tapi pastikan kalau kamu mampu melunasinya kembali ya! 

2. Susunlah Anggaran Pemasukan dan Pengeluaran

Susun bujet sejak awal kalau kamu memang sudah melihat ada tanda-tanda diskon besar akan diselenggarakan. Kalian bisa menyisihkan sekitar 10% hingga 15 % penghasilan setiap bulan untuk ditabung. Isi tabungan tersebut bisa kamu gunakan pada saat berbelanja barang diskon atau barang yang ingin kalian miliki. 

3. Lihat Kebutuhan

Diskon besar-besaran perlu kalian kunjungi jika memang ada kebutuhan yang kalian perlukan. Jika memang nggak ada barang yang diperlukan, tapi kamu tetap datang, maka bisa dipastikan dompetmu akan terkuras habis. 


4. Buat Daftar Perbelanjaan

Jika kamu sudah tahu bahwa pusat perbelanjaan akan mengadakan diskon besar-besaran, pastikan kamu punya daftar apa saja yang harus dibeli, dimana kamu akan membeli barang-barang tersebut? Mal atau pusat grosir?  Dan kapan kamu harus datang? 
Daftar-daftar seperti ini akan membantu kamu untuk lebih menghemat waktu dan bisa fokus terhadap sifat perbelanjaan kamu. 

5. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Hal praktis lainnya, kamu bisa pergi berbelanja dengan hanya membawa uang tunai dengan jumlah nominal barang yang ingin kamu beli. Cobalah usahakn jangan membawa uang berlebih atau membawa kartu debit atau bahkan kartu kredit. Mengapa? Ini akan membuat kondisi alam bawah sadar kamu untuk berbelanja lebih banyak lagi dari yang dibutuhkan.


Sporce : kreditgogo.com


Comments