Siap, Gan! (2018), Film Komedi yang Membangkitkan Nasionalisme

Jujur saya baru tahu ada film Siap, Gan! ini. Entah karena promonya kurang gencar atau saya yang tidak update hehehe. Tapi memang biasanya film-film dengan para pemain yang tidak terlalu familiar di telinga sering tidak bertahan lama di bioskop padahal pemain terkenal juga tidak menjamin sebuah film bagus. Dan film ini adalah film yang bagus menurut saya.

Kalau kamu bosan nonton film yang gitu-gitu mulu, drama-drama cinta remaja dan sejenisnya terus atau horror-horror yang posternya mantab tapi filmnya kacau, kamu harus nonton film ini. Film ini sederhana, unik dan bisa memantik rasa sosial serta nasionalisme kita. Selanjutnya... kamu baca dulu deh sinopsisnya di bawah ini :



Sinopsis

Nina (Rini Mentari), seorang gadis desa putus sekolah yang mencoba mengadu nasib di Surabaya. Setelah sekian lama luntang lantung tidak mendapatkan pekerjaan,ia terpaksa mengikuti jejak sahabatnya, Vivi (Natali Sarah), seorang pekerja seks komersial. Namun baru pada hari pertama ia bekerja, Nina terpaksa lari dari kejaran petugas ketertiban dan secara tak sengaja masuk dalam pusat pelatihan paskibraka. Berhasil mengelabuhi semua orang, Nina berusaha mengikuti kegiatan pelatihan. Di tempat itu Nina bertemu dengan seorang veteran pelaku sejarah, Pak Sakiran membangkitkan nasionalisme Nina. Pak Sukiranlah yang kemudian membuat Nina sangat ingin mengibarkan bendera merah putih dalam sebuah upacara bendera

Menurut saya..

Buat saya film ini seperti oase di tengah maraknya film-film dengan tema yang sama. Ya meski saya nontonya telat beberapa bulan hehe. Tapi bukan masalah, karena film ini film bagus. Dengan sederhana Ody C Harahap mengajak kita belajar tentang banyak hal lewat perjalanan unik Nina dan Vivi dua sahabat yang selalu saling tolong menolong ini. Nina anak remaja polos tetapi tegas dan berpendirian kuat tak ingin merepotkan sahabatnya, sementara Vivi yang selalu ceria dan penyayang tidak ingin melihat sahabatnya susah meski dia juga susah. Vivi selalu berusaha menenangkan dan memberi jalan keluar meski ia sendiri tak jauh dari masalah. Sebagai sahabat Vivi senang direpotkan, senang bisa membantu. 

Film ini seperti saya bilang, sangat sederhana dan masuk akal. Bagaimana Nina bisa masuk dan ikut pelatihan Paskibra dibuat logis tanpa membuat kita berpikir "aah seharusnya kan gak gini, seharusya gitu.. bla bla bla". Adegan-adegan asrama putri pun terlihat real. Mulai dari logat para pemain yang Jawa Timur banget hingga adegan-adegan mengandung konflik. 

Sebelum jadi spoiler mending saya singkat aja ya reviewnya hahaha (bukan malas ngetik kok). Lha emang film ini sederhana dan yang paling penting bisa memantik rasa nasionalisme serta rasa sosial kita.  Kamu harus nonton gimana Nina berusaha menjadi PSK karena putus asa lalu digagalkan oleh Vivi. Kamu harus liat juga bagaimana ketika Nina menghadapi kebohongannya sendiri di asarama Paskibra. Banyak hal yang harus kalian liat disini jadi nonton ya kalau ada waktu. Film ini berdurasi 1 jam 30 menit 31 detik tapi karena saya menikmati, filmnya jadi terasa singkat. 

Pemain film ini yang aku kenal cuma Yama Carlos, Indra Birowo, dan Natali Sarah. Lainnya masih baru buat saya. Tapi akting mereka mantap-mantap kok. Hanya saja yang kurang menurut saya adalah Sinematografinya yang tidak banyak variasi, tidak begitu memanjakan mata dengan sudut-sudut pengambilan gambarnya. Jadi terkesan seperti FTV sih sinematografinya. Original Sountrack nya dibawain oleh Bank Kotak, Pass banget lah!

FYI, Film ini udh di tonton dan diappresiasi banget oleh bapak Menpora RI Nahrawi.

Ya boleh setuju boleh gak

Untuk film Siap, Gan! (2018) saya kasih rating 8/10





Comments