Review Imperfect : Karier, cinta dan timbangan (2019)

Ubah Insecure jadi Syukur!
Sebelum membaca review ala ala ini, kalian harus tahu sebuah fakta bahwa pelaku body shaming nomor satu terbanyak adalah ibu-ibu pada anaknya sendiri. Entah itu dengan maksud baik atau gimana yang jelas itu akan membuat si anak Insecure dengan dirinya.
Jadi film ini bercerita tentang Rara (Jessica Mila) yang wajah dan bodynya lebih mirip bapaknya yang gendut dan lebar. Sementara adiknya lebih mirip ibunya yang tinggi, putih, cantik dan indo. Sejak kecil Rara menerima body shaming dari ibunya. Niat ibunya (Karina Suwandi) tentu baik tetapi ternyata hal itu berakibat tidak baik buat Rara. Kata-kata seperti :

"Kecilin dong pahanya"
"anak ini tidur udah kayak paus Terdampar"
"Jangan makan cokelat mulu dong, ingat body"

dan banyak banget kalimat - kalimat yang bermaksud baik tetapi menyakiti perasaan anaknya.
Ernest sang Sutradara benar-benar semakin terbukti piawai dalam meramu film komedi yang penuh pesan moral. Isu body shaming yang diangkat secara cerdas saya yakin akan sampai kepada penonton. Jokes-jokes nya pun dibuat dengan hati-hati sekali tetapi sumpah pecah banget kocaknya. Deretan kwartet komika kocak kayak Kiky Saputri, Zsazsa Utari, Aci Resti dan Neneng Endah memberikan performa jokes yang superrr bikin ngakak sampai mau nangis. Mereka benar-benar lucu.

Lalu konflik yang muncul relate banget sama hidup kita sehari-hari. Dimana di negeri ini sulit untuk menjadi normal sesuai standar masyarakat yang tidak berdasar. Semisal Untuk jadi hebat itu otak doang gak cukup tetapi penampilan juga harus oke. Untuk jadi pasangan berbahagia itu harus punya pasangan cantik dan tampan, untuk dapat endorse dan followers banyak harus cantik dan gagaj dulu. Kayak cantik harus putih, tinggi langsung dan sebagainya. Standard - standard masyarakat yang kejam.

Beberapa bagian yang menurut saya rasa terlalu terburu-buru. Kayak di transformasi Rara dari gendut jadi langsing cantik seharusnya bisa dibuat lebih dramatis juga lebih seru. Usaha Rara untuk menjadi Rara yabg baru agak terburu-buru walaupun memang di set masih logis.

Film ini kayak karakter. Buanyak banget pemainnya tapi semua membawa pesan masing-masing yang penting. Selain main karakter (Jessica Mila - Reza Rahardian) saya sangat suka akting Dewi Irawan yang sangat natural dan selalu memuaskan. Apalagi dipasangkan dengan seorang Reza Rahardian beuuhhh kelar!

Pokoknya kalian harus nonton dan menyerap banyak pelajaran baik dari film ini tentang body shaming atau mempermalukan tubuh orang lain. Ini penting. Satu lagi, Soundtrack film ini digarap oleh Fiersa Besari dan hasilnya. Top banget! Musik dan liriknya nyessss sampe ke hati. Ini salahsedikit liriknya : 

"Segala sesuatu yang pelik bisa diringankan dengan peluk.."

Mantab kan?!

Btw kalian pernah jadi orban body shaming kah? Share dong di kolom komentar.

Untuk film ini saya saya kasi 7,8 of 10





Ost. Imperpect by Fiersa Besari




Cast Film Imperfect :

Jessica Mila sebagai Rara
Reza Rahadian sebagai Dika
Yasmin Napper sebagai Lulu
Dion Wiyoko sebagai Kelvin
Karina Suwandi sebagai Debby
Kiki Narendra sebagai Hendro
Shareefa Daanish sebagai Fey
Dewi Irawan sebagai Ratih
Ernest Prakasa sebagai Teddy
Clara Bernadeth sebagai Marsha
Boy William sebagai George
Karina Nadila sebagai Irene
Devina Aureel sebagai Wiwid
Kiky Saputri sebagai Neti
Zsazsa Utari sebagai Maria
Aci Resti sebagai Prita
Neneng Wulandari sebagai Endah
Uus sebagai Ali
Diah Permatasari sebagai Nora
Wanda Hamidah sebagai Magda
Olga Lydia sebagai Monik
Asri Welas sebagai Siska
Tutie Kirana sebagai Melinda
Cathy Sharon sebagai Sheila

...

Comments

Post a Comment