Marriage Story (2019), Film Terbaik Tahun ini. Almost Perfect!


Akhirnya saya bertemu juga dengan salah satu film terbaik tahun ini. Tidak berlebihan karena dari banyak sisi film ini layak mendapatkan pujian itu.

Bagi para penggemar film dari Noah Baumbach pasti tidak akan banyak pikir untuk menonton karena setiap karyanya selalu sarat makna selain juga almost perfect disemua sisinya. Marriage Story ini adalah salah satu marterpiece nya.



Marriage Story bercerita tentang rumah tangga Nicole dan Charlie yang terlihat bajagia namun menyimpan banyak luka. Yah saya pikir hampir semua rumah tangga seperti itu. Nicole seorang aktris yang memutuskan meninggalkan karier untuk melayani keluarganya secara full time dan Charlie seorang Sutradara, seorang seniman teater yang kariernya sedang Gemilang. Secara kasat mata rumah tangga Charlie and Nicole sangat bahagia. Tetapi hal-hal yang tak terlihat bahkan tak disadari sering kali menjadi bara magma yang perlahan tapi pasti akan mencuat dan meledak.

Cerita film ini sangat kuat, dialog-dialog nya penuh makna yang mencerahkan. Tak jarang membuat saya merenung lama akan kalimat-kalimatnya. Ya, kutipan-kutipan yang tidak generik.

Tik tok antara Scarlet Johanson (Nicole) & Adam Driver (Charlie) benar-benar mengagumkan. Akting keduanya memukau dan kalian harus waspasa karena secara spontan akan ikut menangis atau marah atau bahkan shock.

Pelajaran paling penting dalam film ini adalah betapa mengerikannya proses bercerai itu. Meski kedua pihak masih saling mencintai dan ingin kembali, namun jika kalian sudah menunjuk pengacara sebagai wakil maka yang akan kalian dengarkan tentang diri kalian dari masing-masing pihak hanyalah keburukan dan keburukan. Beberapa scene memberi gambaran yang jelas pada kita bagaimana kejutan demi kejutan muncul dari mulut pengacara dan pengadilan. Misal, pengacara Charlie bilang bahwa Nicole akan meminta semua harta mu, tetapi Charlie mengatakan bahwa Nicole baik dan tidak akan begitu lalu pengacara akan bilang itu akan menjadi kejutan dan akan banyak kejutan lainnya.

Film ini layak untuk ditonton mereka yang akan, telah, baru atau sudah lama menikah yang mungkin saja akan menghadapi situasi yang sama dengan Charlie dan Nicole. Karena sejatinya menikah bukanlah semata - mata awal kebahagiaan yang mulus tetapi menikah adalah memulai perjuangan baru bersama seseorang yang tadinya bukan sia-siapa. Menikah kadang membuat seseorang sulit menjadi dirinya sendiri karena harus selalu mementingkan urusan keluarga daripada dirinya. Hal ini akan semakin berat ketika pasangan tidak menyadari bahwa kamu sedang tidak baik-baik saja.

Ketika menikah persiapkan hati untuk babak belur di waktu yang sering tak terduga. Mental harus siap juga pastinya.

Intinya. Film ini sangat saya rekomendasikan untuk semua manusia dewasa yang akan dan sudah menikah. Banyak ilmu yang akan kita dapatkan bukan hanya dari dialog nya bahkan dari gesture aktor dan aktrisnya memiliki makna. Jangan heran kalau menonton film ini kalian mungkin akan senyum-senyum, shock, malu-malu sendiri dan lainnya.

Untuk film ini saya kasi rating 9,5/10

Comments