Do and Don't Buat Para Penyintas Psoriasis

Genks, Kali ini saya ingin berbagi pengalaman ke kalian semua. Berharap setelah membaca ini kalian bisa lebih aware pada kesehatan kalian dan lebih selektif memilih makanan juga selektif memiliki mana yang harus kalian pikirkan mana yang nggak. Yap, yang bakal saya sharing kali ini adalah tentang kesehatan. Bukan hanya kesehatan badan tetapi secara holistik, kesehatan jiwa dan raga, fisik dan mental. Karena saya telah terlampau berada di titik menjadi penyintas karena terlalu memprosir diri tiga sampai empat tahun yang lalu. Ternyata efeknya saat ini.

Tapi sebelumnya saya mau ngasi tahu kalau saya senang sekali online dimana saja karena hampir semua orang sekali memakai Internet dari Telkom Indonesia. Ya, termasuk saya, saya menggunakan IndiHome sejak dulu dan masih betah sampai sekarang karena semakin hari manfaatnya semakin terasa juga pelayanannya semakin bagus dan gercep. Kita juga butuh kuota unlimited, kan? Karena kita butuh untuk mengunggah data dan mengunduh data setiap hari apalagi sebagai orang yang bekerja online atau sebagai orang yang doyan banget streaming film. Jelas kita butuh kuota internet yang unlmited. Jadi kami memilih IndiHome sebagai Internet Provider kami sejak awal IndiHome hadir di Indonesia. 

Apa itu Psoriasis?

Oke back to topic. Jadi saat ini adalah tahun kedua saya menjadi penyintas psoriasis. Apa itu psoriasis? saya yakin masih banyak yang belum tahu. Jadi saya akan jelaskan dengan bahasa dan sesuai pemahaman serta pengalaman pribadi saja ya. 

Psoriasis adalah gangguan pada kulit yang membuat kulit mengelupas dalam hitungan jam bahkan menit. Bentuknya di kulit seperti bulat dan kepingan yang muncul di kulit lalu mengering dan mengelupas. Kondisi ini tentu membuat penyintas menjadi tidak nyaman dan tidak percaya diri karena psoriasis ini munculnya random dan bisa melebar. Dokter belum secara resmi menyebutkan penyebabnya tetapi dari pengalaman dan beberapa sumber yang saya pelajari, Psoriasis ini adalah efek dari kebocoran usus (leaky gut) yang menyebabkan racun yang harusnya terbuang malah masuk dalam darah dan menyebar ke bagian tubuh salah satunya kulit dan menjadi psoriasis. Jadi sel darah putih nya bingung karena ada sesuatu yang asing yang gak jelas apakah dia teman atau lawan. Leaky Gut sendiri terjadi karena usus kita kekurangan bakteri baiknya jadi gak bisa mengurai dengan baik dan dinding-dinding usus jadi kering. Penyebab kekurangan bakteri baiknya ada banyak, diantaranya karena overthinking, depresi, stress, begadang, merokok, alkohol, makan tepung-tepung, dan juga bisa karena terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik. 

Jadi yang muncul di kulit itu sebenarnya cuma efek dari yang terjadi di dalam tubuh kita dengan kata lain, sebenarnya psoriasis itu bukan penyakit kulit tetapi adanya kesalahan sistem dalam tubuh kita yang berimbas pada kulit. Gak menular sama sekali karena bukan disebabkan oleh bakteri, kuman atau virus. Hanya saja untuk menyembuhkannya butuh waktu yang tidak bisa diprediksikan karena memperbaiki sistem dalam tubuh kita yang rusak gak segampang merusaknya. Karena itulah saya memilih berdamai dengan Psoriasis ini. Alhasil saya bisa mencapai remisi (sembuh versi psoriasis).


Lalu bagaimana menghadle Psoriasis? bagaimana supaya bisa berdamai? Bagaimana biar nggak kena? bagaimana kalau sudah kena? Baik mari lanjut membaca.

Do and Don' in Psoriasis!

Jika saat ini kamu adalah penyintas Psoriasis, maka perhatikan ini baik-baik :

  1. Hindari stress, overthinking dan lainnya karena ketika stress hormon kortisol dalam tubuh kita meningkat. Hormon kortisol yang tak terkendali meningkatkan tekanan darah serta kadar glukosa darah, yang kemudian memicu peradangan bahkan menyebabkan diabetes. Penyintas psoriasis yang mengalami stress efeknya akan membuat psoriasisnya meradang (flare, inlamasi) dan ini kondisinya akan parah jika tidak dihentikan.
  2. Stop begadang karena begadang membuat tubuh kita stress. Tubuh memiliki jam kerja masing-masing organnya. Misalnya Lever, ia bekerja ketika kita tidur. Tugasnya adalah menetralkan racun-racun yang terbawa masuk ke tubuh kita melalui makanan dan minuman kita. Nah ketika kita begadang Lever tidak bisa bekerja, maka tugas pentingnya lewat begitu saja dan efeknya bisa fatal pada tubuh kita.
  3. Mulai untuk menata kehidupan yang lebih tenang, lebih menerima apapun keadaannya karena semakin kita denial akan semakin memparah psoriasis. Sebaliknya ketika berdamai dan menerima diri pelan-pelan psoriasis akan membaik bahkan remisi
  4. Hindari secara total makanan - makanan yang mengandung gluten (terigu), gula, susu sapi dan turunannya (keju, mentega dll). Mulai juga untuk memilah makanan mana yang menyebabkan flare mana yang tidak, mana yang memicu inflamasi mana yang mencegah inflamasi. (banyak di pinterest)
  5. Rutin konsumsi Probiotik dan Vit. D3 karena ini adalah yang paling dibutuhkan dan membantu tubuh kita tetap kuat dan recovery dengan baik.
  6. Konsumsi makanan yang banyak mengandung bakteri baik seperti tape singkong, khimchi dan lainnya. Catatannya, harus yang bukan dari susu seperti yogurt atau minumal probiotik dari susu. Jangan.
  7. Rutin konsumsi ramuan Jahe, Kunyit, Sereh setiap hari. Ini membantu meredakan inflamasi dan membantu memperbaiki kondisi lambung dan usus kita
  8. Minum air kelapa muda setiap hari, bila perlu dua kali sehari.
  9. Jaga kondisi kulit agar tetap lembab. Menggunakan pelembab sejak setelah mandi adalah wajib bagi penyintas proriasis karena kulitnya mudah kering dan mengelupas.
  10. Ganti sabun dan shampoo dengan yang lebih alami, tanpa pragrance dan zat kimia lainnya. Parfum juga ganti dengan yang tanpa alkohol dan pragrance.
  11. Olahraga ringan rutin dan berjemur. Bakteri baik sangat senang pada cahaya matahari pagi dan bakteri jahat sebaliknya. Olahraga juga mampu meredam stress dan membuat kita lebih bersemangat dan optimis.

Memang proriasis dan autoimun secara umum berkaitan dengan stress dan masalah mental health karena dari pengamatan saya, rata-rata penyintas autoimun adalah orang-orang yang mengamali stress, overthingking bahkan depresi karena beberapa hal dalam hidup mereka masing-masing. Stress yang berkelanjutan dan tidak segera dihandle akan memicu banyak gangguan kesehatan, tidak hanya psoriasis. Apalagi di zaman informasi serba cepat seperti sekarang ini. Kita benar-benar harus kuat mental ketika membuka sosial media yang mempertontonkan banyak hal yang membuat kita overthingking, membuat kita minder, panik dan sebagainya. Butuh kesadaran diri agar tidak berlarut-larut memikirkan hal yang tak perlu kita pikirkan sekalipun itu adalah masalah kita.

Kadang kita lupa bahwa ada batasan hal yang bisa kita handle dan ngngga bisa kita handle. Kita lupa bahwa setelah kita berusaha, sisanya tugas Allah dan malaikatnya yang menentukan, kita ya udah tenang  saja. Hal itu yang sering terlupa sehingga kita menjadi stress dan depresi. 

Berutungnya ketika saya mulai sadar saya terkena autoimun psoriasis, saya punya koneksi internet cepat dan stabil setiap hari dari IndiHome yang membantu saya terus belajar dan belajar dari berbagai platform online seperti youtube, tiktok dan sebagainya. Karena dari dalam negeri sendiri belum banyak info yang lebih tentang Psoriasis. Saya mulai menemukan titik terang dan pemahaman dari dokter-dokter dan penyintas di luar negeri yang berbagi cerita dan pengalaman via akun sosial media mereka.  Sehingga saya bisa melewati masa-masa sulit penuh drama ketika awal terkena psoriasis ini. Masa-masa yang sangat berat buat saya. Peran keuarga, orang-orang terdekat sangat-sangat penting, hampirs sama pentingnya dengan IndiHome yang selalu ada dan membuat saya bisa mencari hiburan, terapi, tips hidup sehat dan termasuk berbagi pengalaman kepada teman-teman penyintas lewat video youtube, tiktok,instagram, facebook dan termasuk lewat blog sederhana ini. 

Berbagi pengalaman dengan tujuan jangan sampai kalian kena, atau jika sudah kena jangan sampai salah treatmen dan jangan sampai kalian dianggap membawa penyakiy menular oleh lingkungan kalian. Karena itu pasti sangat berat dan tak mudah. 

Jika teman-teman ingin tahu lebih banyak tentang pengalaman saya berdamai dengan psoriasis, silahkan kinjungan www.youtube.com/@imajietv atau cek IG highlight saya di @bangajie08. Di bawah ini adalah salah satu postingan IG saya dulu di awal-awal mulai memahami psoriasis.

Terimakasih sudah membaca. Semoga selalu sehat dan bahagia ya!



Comments