Jelajah Sumbawa Bersama #UnlimitedMax, Unlimited Serunya!

Pulau Sumbawa memiliki banyak sekali destinasi keren. Sayangnya, sejauh ini masih belum banyak di explore. Salah satu penyebabnya adalah akses ke destinasi yang masih belum mulus, masih kayak bulan purnama gitu (paham kan?). Seperti salah satu wisata mendunia yang ada di Sumbawa misalnya (bisa tebak nama destinasinya) jalannya banyak yang rusak dan menurut saya agak berbahaya bagi yang ingin mengaksesnya, padahal kan lokasinya asli keren banget. Udah dikenal sampai mancanegara dan menjadi kawasan wisata andalan. Ya walaupun bagi traveler justru itu tantangan serunya tetap saja saya merasa harus banget dibebani. Kan agak-agak gimana ya kalau cantik-cantik banyak durinya hehehe. 

Tetapi kabar baiknya adalah sekarang sudah ada banyak juga destinasi yang di ‘unlock’ aksesnya. Siapa unlock? Kebanyakan sih dibenahi dan dipublish mandiri, lho. Menurut saya ini internet effect sih. Orang-orang di pelosok sekalipun saat ini bisa mengakses berbagai macam ide dan ilmu di internet. Model-model pariwisata, macam-macam ide kreatif mengelola destinasi hampir semua bisa diakses. Karena itu geliat destinasi-destinasi di Sumbawa mulai terasa bahkan beberapa sudah bangkit dan mendunia. Tak lama lagi akan mengejar majunya pariwisata Lombok yang sudah lebih dulu maju karena memang kekompakan banyak pihak dalam menata dan mempromosikan.

Pun bagi traveler, mengakses daerah yang masih masuk kategori ‘Adventure Destination’ adalah hal yang sangat seru. Seperti saya misalnya, meski tinggal wilayah di NTB, ada banyak destinasi di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa yang belum saya datangi dan itu bikin grrrrrr “kaki gatel”  pengen segera meluncur.

Racun banget sih akses internet sejak beli Kartu Perdana Internet #UnlimitedMAX dari Telkomsel ini. Saya jadi ketagihan ngisi bucket list jalan-jalan saya. Ya meski tadinya belum tau kapan akan bisa terwujud. Masih di NTB aja ada banyak banget yang belum gimana yang di luar NTB ya? Hahaha berdoa banyak-banyak semoga cukup umur ya gaessss. Eh tapi iya, sejak pake #UnlimitedMAX saya yang hobi jalan-jalan tetapi jarang ada waktu juga sekaligus menjadi admin akun Traveling @Jelajahsumbawa jadi bebas tanpa batas browsing, akses aneka macam aplikasi sampai main game untuk menemukan ide-ide segar dan gak bosan-bosan bikin konten untuk update feed instagram.

Soalnya gilak banget foto-foto  dan video yang di-share followers @JelajahSumbawa, makin kesini makin jago! Jadi terpacu dong untuk bisa lebih bagus lagi berkreasinya. Destinasi-destinasi baru bermunculan. Oh jelasss bikin ngilerrr pengen kaburr dari rutinitas dan kerjaan.

And then  setelah menyelesaikan syuting podcast untuk imajie TV, saya berkesempatan juga untuk traveling ke Sumbawa gaesss. Oh iya lupa untuk upload video podcast yang panjang-panjang itu saya ngandelin #UnlimitedMAX dari Telkomsel juga dong. Cepat banget soalnya. Karena cepat, jadi komputer gak kasian-kasian amat harus on terus dalam waktu yang lama pas upload video ke Youtube.

Oke back to the story about Jelajah Sumbawa. Jadi, saking keren-nya destinasi Sumbawa itu, Kapal Ferry aru berlabuh saja kita sudah disuguhi pemandangan yang surgaaa banget genks. Sinar matahari yang berlimpah, pantai-pantai berpasir putih yang bersih dengan air laut yang berwarna tosca, hmmmm asli menggoda banget untuk nyebur. Ya tapi ini kan di pelabuhan kapal ferry, ya. Gak bisa lah harus nyebur-nyebur bersama ikan yang rameee banget itu, bisa-bisa jadi tontonan orang-orang. Bisa viral hahaha.

Sepanjang mengarungi Selat Alas (selat yang menghubungkan Pulau Lombok dan Sumbawa) pemandangannya MasyaAllah banget. Di bagian barat ada view paling iconic dan paling megah; Rinjani. Ya Gunung Rinjani yang berdiri megah di atas garis horison. Di sebelah Timur, perbukitan pulau Sumbawa terlihat begitu magis pesonanya. Selatan dan Utara Pulau-pulau kecil seperti sengaja ditabur dari langit. Indah banget Selat alas ini. Kerennya saya bisa langsung update dong di social media saya hahaha.

Yakali hari gini gak update, tinggal beli Kartu Perdana Internet #UnlimitedMAX dari Telkomsel yang asli murah, kenceng dan gak terbatas. Bahkan di tengah laut pun tetap kenceng dan lancarrr. Mulai dari 20k lho, udah bisa dapat unlimited untuk akses social media kamu. Browsing, chatting, gaming, streaming, sosmed dan tik-tok...astaga beneran bisa!

Ngomongin tentang keseruan explore destinasi wisata di Pulau Sumbawa. Sekalian nih saya share juga destinasi di sana yang wajib banget kalian kunjungi. Apa saja?


1. Pulau Kenawa
Pulau Kenawa adalah pulau kecil di dekat pelabuhan Poto Tano, kabupaten Sumbawa Barat. Kecil sih tapi mendunia cuy! Ya wajar karena pulau ini unik, indah dan mudah diakses. Di pulau ini ada savana dan bukit kecil yang hijau banget kalau musim hujan dan dramatis romantis gitu kalau musim kering.

2. Pulau Kambing
Pulau ini gak terlalu jauh di Pulau Kenawa, bahkan tempat nyebrangnya bisa dari tempat yang sama lho. Sebenarnya pulau kambingnya biasa aja, yang keren pulau di sebelahnya yang bernama Pulau Belang, view terbaik pulau belang adalah dari pulau kambing karena itu orang-orang pada ke pulau kambing dan mengabadikan indahnya pulang belang sebagai background. Mirip Raja Ampat mini gitu gak? Mirip kan?




3. Pulau Bungin
Pulau Bungin di kenal sebagai pulau terpadat di dunia karena memang sudah tidak ada lahan untuk rumah disini kecuali dengan menumpuk-numpuk karang menjadi lahan. Selain unik pulau bungin juga punya resto apung. Floating Resto, hasseekk. Menunya seafood enak-enak yang bisa kita santap sembari menikmati pemandangan laut.Kita juga melihat melihat-lihat penangkaran ikan-ikan besar dan enak biota laut lainnya tanpa harus menyelam.



4. Air Terjun Agal
Air terjun ini adalah salah satu air terjun tertinggi di NTB. Terletak di desa Marente, Kec. Alas Sumbawa besar. Untuk kesini kita harus trekking selama dua jam, cuy hahaha.



5. Pulau Moyo
Pulau Moyo ini gak ada duanya deh. Even pesohor dunia pada kesini sih. Sejak zaman Lady Diana sampai artis lokal semacam Marshanda dan Nikita Willy pernah kesini. Gile gak? Jadi gak perlu saya jelasin lagi deh Pesona Pulau Moyo.

 


6. Pulau Satonda
Ini perjalanan darat paling jauh saya di NTB. Asli naik mobil seharian. Tapi seru karena rame-rame. Bisa seru-seruan nyanyi-nyayi di mobil , streaming musik kan gak ribet kalau udah pake #UnlimitedMAX dari Telkomsel.

Satonda ini unik banget. Sebuah pulau yang jauh dari daratan, memiliki danau di tengahnya tapi danaunya asin banget. Kata peneliti air ini adalah air laut yang terjebak waktu terjadi tsunami ketika Gunung Tambora meletus 200an tahun lalu. Pulau Satonda adalah salah satu isi bucket list yang akhrnya tercoret tuntass.



7. Sare Nduha
Sarae Nduha ini harus banget didatangi setelah dari Pulau Satonda. Karena memang kita melewati Sarae Nduha kalau habis dari Satonda, gengs. Sarae Nduha ini masih masuk kawasan Taman Nasional Gunung Tambora, Sarae Nduha itu adalah padang savana luas yang baguss gila. Di salah satu sisinya dibatasi laut dan sisi lainnya ada gunung tambora yang selalu berkabut.




Dan di semua destinasi di atas, saya bisa menikmati semua bebas explore tanpa batas dengan manfaat kartu perdana internet #UnlimitedMAX nya Telkomsel. Kita butuh bermacam informasi selama perjalanan. Tentang banyak hal, semisal maps, info lokasi, cuaca dan pastinya tetap update agar kita tetap terpantau, jadi tetap aman hehe. Kamu juga pasti pengen kan jalan-jalan dan sharing keindahan alam Indonesia tanpa batas? Udah tahu kan jawabannya? Makanya langsung aja ke outlet terdekat untuk beli kartu perdana internet #UnlimitedMAX biar bikin #GayaUnlimited kamu makin maksimal. Info selengkapnya langsung cek http://tsel.me/unlimitedmax


Anyway, Indonesia itu luas dan indaaaaah banget, masa mau di rumah terus?? Eh tapi tunggu Pandemi kelar dulu ya hehe




Comments

  1. Wah mantap nih cerita traveling ke Sumbawa bersama #UnlimitedMAX dari Telkomsel bang. Seru

    ReplyDelete
  2. Belum selesai aku explore Sumbawa 😊 pingin banget berenang sama Paus di Teluk Saleh sama ke Pulau Bungin ini aku belum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. next target berenang dengan hiu paus di Teluk Saleh sihhh.. yukkk

      Delete

Post a Comment